Rss

Banner_Quickbet
maxbet2

Kedelai Mahal, Pengusaha Tahu Kuning di Kediri Enggan Menaikkan Harga

Kedelai Mahal, Pengusaha Tahu Kuning di Kediri Enggan Menaikkan Harga – Entrepreneur tahu takwa (kuning) di Kota Kediri belumlah rasakan imbas naiknya dolar AS, walau harga kedelai import mulai naik Rp 300/kg. Beberapa entrepreneur tahun kuning mengakui masih tetap mempunyai untung.

Dari pantauan detikcom, entrepreneur masih tetap jual tahu di market di harga lama, yaitu Rp 1. 300/biji. Akan tetapi ceritanya akan berlainan bila harga kedelai naik Rp 8 ribu/kg dari harga sekarang ini Rp 7. 300/kg. Bila itu yang berlangsung karena itu entrepreneur harus terpaksa meningkatkan harga jual tahu.

Purborini, salah seseorang entrepreneur tahu takwa, menyampaikan harga kedelai 2 minggu lantas telah naik Rp 300/kg. Dari harga Rp 7 ribu jadi Rp 7. 300/kg. Serta setiap minggu dianya rasakan harga kedelai naik Rp 100-Rp 200/kg.

” Kenaikannya setahap mas, telah 2 minggu ini naik Rp 300/kg, ” kata Purborini ditempat upayanya di Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Selasa (11/9/2018) .

Diakuinya malas meningkatkan harga tahu takwa di market untuk sekarang ini karena takut ditinggal pelanggan.

” Harga tahu tidak kami naikkan harga nya, karena kami cemas bila harga kami naikkan, pelanggan akan tinggalkan kami, ” jelas Purborini.

Akan tetapi bila harga ganti dolar memengaruhi harga kedelai sampai naik sampai Rp 8 ribu/kg, entrepreneur tahu takwa harus mesti meningkatkan harga jual tahu serta kurangi ukuran kepadatan tahu takwa supaya tidak tidak untung.

Purborini menuturkan tiap-tiap satu adonan 14 kg kedelai, dapat jadi 200 buah tahu takwa. Bila harga kedelai selalu melambung, karena itu satu adonan jumlahnya kedelai akan dikurangi jadi 13 Kg kedelai sekali masak. Dalam satu hari, perajin tahu takwa dapat memasak kedelai mentah sampai 300 kg.

Budi (50) , entrepreneur tahu takwa yang lain juga menyampaikan hal sama. Walau Budi kurang memahami dengan lemahnya nilai ganti rupiah dengan dolar AS, akan tetapi dianya menginginkan pemerintah menyetabilkan harga kedelai.

” Saya kurang memahami masalah harga dolar serta rupiah, saya tahunya pemerintah tolong dapat memerhatikan harga kedelai. Buat kami menjadi entrepreneur tahu takwa, supaya upayanya dapat semakin maju lagi. Mudah-mudahan harga kedelai bisa konstan, lepas dari nilai ganti rupiah pada dolar naik, ” tandas Purborini.