Rss

Banner_Quickbet
maxbet2

PSI Dan Partai Perindo Kedua-Duanya Tidak Dapat Dimasukkan Ke Daftar Partai Pengusul Capres-Cawapres

PSI Dan Partai Perindo Kedua-Duanya Tidak Dapat Dimasukkan Ke Daftar Partai Pengusul Capres-Cawapres – Komisi Penentuan Umum (KPU) melakukan perbaikan (renvoi) berkas prasyarat penyalonan punya akan capres (calon presiden) serta cawapres (calon wakil presiden) Joko Widodo serta Ma’ruf Amin.

Dalam perbaikan itu, KPU mencoret beberapa berkas punya dua nama partai, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) serta Partai Perindo.

Menurut Komisioner KPU Hasyim Asy’ari, PSI serta Partai Perindo dicoret karena bukan adalah partai peserta pemilu 2014. Hingga, kedua-duanya tidak dapat dimasukkan ke daftar partai pengusul capres-cawapres.

Sama dengan Undang-Undang Nomer 7 Tahun 2017 mengenai Pemilu, pasangan capres serta wapres diusulkan oleh parpol atau kombinasi parpol yang penuhi threshold pemilu awal mulanya atau pemilu 2014.

Dalam Masalah 222 UU Pemilu dijelaskan, pasangan calon diusulkan oleh parpol atau partai kombinasi peserta pemilu yang penuhi kriteria pencapaian kursi sangat dikit 20 % dari jumlahnya kursi DPR atau mendapatkan 25 % dari nada resmi dengan nasional pada pemilu anggota DPR awal mulanya.

” Dengan formil, yang mendaftar atau yang menyarankan merupakan parpol peserta pemilu 2014. Kombinasi partai politik yang penuhi threshold, ” tutur Hasyim selesai pendaftaran Jokowi-Ma’ruf di gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018).

Dokumen yang dicoret itu diantaranya, formulir jenis B-1 PPWP (surat penyalonan yang di tandatangani pimpinan partai politik atau kombinasi partai politik), form jenis B-2 PPWP (surat pengakuan partai politik atau kombinasi partai politik menyarankan paslon serta tidak menarik support), serta form jenis B-3 PPWP (surat persetujuan partai politik atau kombinasi partai politik dengan paslon).